Hosting Unlimited Indonesia
Go Blogging!Panduan membuat blog hingga menghasilkan uang!

Tips Hemat Ngeblog Menggunakan Addon Domain Dan Sub Domain

Tips Hemat Ngeblog Menggunakan Addon Domain Dan Sub Domain | tirailangit.com – Tidak seperti Blogger (blogspot.com) yang hosting-nya ada di Google, pengguna WordPress.org harus mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa hosting dan membeli domain sendiri. Contohnya saya menyewa jasa hosting dan domain pada Niagahoster. Tak bisa dibilang murah, nyatanya cukup menguras kantong juga.

..apalagi jika kamu belum memiliki penghasilan dengan ngeblog.

Tapi ada cara yang saya lakukan agar bisa memiliki beberapa blog dengan “sedikit” berhemat, yaitu dengan memanfaatkan Addon Domain dan Sub Domain.

Apa itu?

Tips Hemat Ngeblog Menggunakan Addon Domain Dan Sub Domain

Tips Hemat Ngeblog Menggunakan Addon Domain Dan Sub Domain

Add-on Domain

Add-on Domain adalah domain tambahan yang kita tambahkan ke Main Domain (domain utama) dari suatu paket hosting tertentu.

Domain jenis ini bukan diperuntukkan untuk kepentingan redirect, tetapi bisa kamu kembangkan menjadi sebuah website tersendiri dengan menggunakan sumber daya paket hosting yang sama.

Contohnya saya membeli paket hosting untuk blog www.tirailangit.com pada Niagahoster paket hosting Personal seharga Rp. 706.800 / per tahun.

Tips Hemat Ngeblog Menggunakan Addon Domain Dan Sub Domain

Dengan paket hosting Personal, kamu mendapatkan :

  • Unlimited Disk Space;
  • Unlimited Bandwith;
  • Unlimited POP3 Email;
  • Unlimited Databases;
  • Unlimited Addon Domains;
  • Dan lainnya.

Manfaatkan fitur Unlimited Disk Space, Databases, Addon Domains ini untuk membuat blog baru dengan hanya membeli domain saja, tanpa hosting lagi.

..hal ini akan menghemat ratusan ribu uang kamu.

Pada paket hosting Personal saya ini, saya tinggal membeli domain baru yaitu www.foldertips.com, kemudian database dan file-file WordPress-nya tinggal saya letakkan pada paket hosting Personal saya ini.

Addon domain akan menambah direktori baru pada account hosting yang kamu miliki.

Tips Hemat Ngeblog Menggunakan Addon Domain Dan Sub Domain

Di dalam folder foldertips.com tersebut berisi file-file WordPress untuk blog saya www.foldertips.com.

#2. Sub Domains

Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs yang biasanya digunakan sebagai pembagian area dari sebuah website.

Contohnya..

Saya memiliki domain dengan nama foldertips.com yang berisi tentang informasi seputar teknologi dan gadget. Kemudian saya ingin membuat blog baru khusus hanya membahas tentang iOS-nya Apple.

Daripada saya membeli domain dan hosting baru, maka saya memilih untuk menggunakan Sub Domain saja, sehingga alamat blog khusus iOS ini adalah ios.foldertips.com.

Sub Domain akan menambah direktori baru pada account hosting yang kamu miliki.

Tips Hemat Ngeblog Menggunakan Addon Domain Dan Sub Domain

Pada folder ios inilah diletakan file-file dari WordPress.org

Dengan kedua cara di atas, kamu akan menghemat ratusan ribu rupiah daripada harus membeli paket hosting baru untuk setiap blog yang kamu punya.

Dari tadi yang kita bahas keuntungannya saja, apakah ada kerugiannya?

Tentu ada.

Kerugian Menggunakan Addon Domains dan Sub Domains

Karena Addon Domains dan Sub Domains menggunakan paket hosting yang sama, ibaratnya seluruh data blog berada pada hardisk yang sama, maka seandainya blog saya diserang oleh hacker, atau disusupi malware jahat, maka kedua blog saya di atas terkena imbasnya secara bersamaan.

Semoga tidak terjadi asal sesuai prosedur dan selalu melakukan update serta maintenance pada blog tersebut.

Kerugian lainnya…

Penggunaan Addon Domains dan Sub Domain tentunya menggunakan sumber daya paket hosting yang sama..

Jadi misal Main Domain saya yaitu www.tirailangit.com menggunakan sumber daya (CPU dan RAM) sebanyak 60%, maka blog Addon Domain saya yaitu www.foldertips.com hanya kebagian sisanya 40%.

Ini artinya blog www.foldertips.com akan memiliki kecepatan loading blog yang lebih rendah dibandingkan dengan Main Domain saya www.tirailangit.com.

Lalu kenapa saya tetap melakukannya?

Jadi gini..

Kedua blog ini masih baru, dari segi pengunjung juga masih belum banyak sehingga pemakaian dayanya masih sedikit. Nyatanya saya mengakses kedua blog tersebut lancar-lancar saja.

Nanti..

Saat kedua blog ini sudah memiliki trafik yang sangat tinggi (amiiinn..), tentunya juga disertai dengan penghasilan dari Adsense yang semakin meningkat, maka saya akan membeli sebuah paket hosting baru lagi dan memindahkan blog www.foldertips.com ke hosting yang baru.

Note :
Saya sudah pernah melakukan pemindahan hosting lama ke hosting baru, caranya cukup mudah dan tidak memakan waktu lama.

Berdasarkan pengalaman saya, cara ini lebih efektif daripada membeli paket hosting murah untuk masing-masing blog dengan bandwidth dan disk space yang terbatas.

Sebentar-sebentar kamu akan kena peringatan over quota bahkan hingga kena suspend. Sehingga terpaksa harus membuat permohonan upgrade yang tentunya membutuhkan waktu dan biaya lagi.

Untuk bagaimana cara menambahkan Addon Domain dan Sub Domain pada hosting, baca pada artikel Cara Menambah Add-on Domain Dan Sub Domain Hosting cPanel.

Demikian Tips Hemat Ngeblog Menggunakan Addon Domain Dan Sub Domain.

Semoga bermanfaat..

Disclaimer : Tulisan adalah sebuah karya cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari blog ini.
Tags:,