10 TIPS HIDUP SEHAT HEMAT ANAK KOS MESKI MINIM FASILITAS

10 Tips Hidup Sehat Hemat Anak Kos Meski Minim Fasilitas | tirailangit.com – Pernah menjadi anak kost merupakan sebuah pengalaman berharga bagi hidup seseorang, karena kamu dituntut untuk bisa hidup mandiri, nyuci baju sendiri, ngurus makan sendiri dengan tempat tinggal seadanya. Selain itu, kamu juga harus memikirkan masalah keuangan (baca:ngirit), belum lagi jauh dari orangtua dan lainnya. Disaat yang bersamaan, kamu juga sibuk memikirkan masa depan dan pelajaran saat mau ujian. 🙁

Kalau kamu tidak pernah jadi anak kost, berarti kamu rugi.. Hahaha..

Nah..

Pada artikel kali ini saya mau membagikan pengalaman selama jadi anak kost bagaimana tipsnya agar bisa hidup sehat ala anak kost dengan tetap hemat meski minim fasilitas.


Tips Hidup Sehat Hemat Anak Kos Meski Minim Fasilitas

TIPS HIDUP SEHAT HEMAT ANAK KOS MESKI MINIM FASILITAS

Hidup mandiri memang susah-susah gampang, karena semua harus dikerjakan sendiri. Apalagi anak perantauan dan hidup dengan cara ngekos.

Kalo anak orang kaya ya enak, tidak perlu takut kehabisan. Tapi bagaimana dengan orang yang keuangan nya pas-pasan?

Sebagai orang yang pernah menjadi salah satu anak kosan selama 3 tahun, saya akan berbagi pengalaman hidup makan dengan uang pas-pasan berikut ini..

#1. Punya Peralatan Tempur Memasak dan Air Galon

Memiliki peralatan tempur untuk memasak makanan seperti rice cooker merupakan hal yang wajib kamu miliki. Selain bisa digunakan untuk memasak nasi, juga bisa digunakan untuk memasak Indomie atau telur jika keuangan kamu sedang sekarat.

Punya Peralatan Tempur Memasak Dan Air Galon

Dan jangan lupa galon air minum. Jika mampu, beli dispensernya sekalian lebih bagus. Karena beli botolan itu boros banget.

..atau yang jiwanya lagi greget, boleh masak air pake kayu bakar. 😛

Beli rice cooker berukuran kecil kalau gak salah 1,5L. Masak beras secukupnya, soalnya kalau kebanyakan nasi malah menjadi bau dan ga enak. Apalagi kalau ada pemadaman listrik berjam-jam, bisa kelar hidup ente..

Jika Emak Bapak di kampung punya sawah, bawa lah beras dari kampung, gak usah malu bawa beras 1 karung karena bisa buat makan kamu selama 6 bulan alias 1 semester.

Punya Peralatan Tempur Memasak Dan Air Galon

Dengan cara ini kamu bisa menghemat pengeluaran untuk makan hingga 50%. Jadi punya skill memasak nasi adalah harga mati bagi anak kost yang minim budget.

#2. Pilih Tempat Kos Yang Dekat Kampus/Kantor Kamu

Cari tempat kos yang dekat dengan kampus. Ini bisa jadi alternatif penghematan yang cukup signifikan. Selain kamu tidak perlu keluar biaya untuk ongkos angkot, kamu juga tidak perlu membeli sepeda motor. Jadi kamu bisa mengalokasinya uangnya untuk kebutuhan lain.

Manfaat lainnya.. Kamu bisa sehat dan bugar setiap hari dengan berjalan kaki. Ga perlu harus bayar tempat fitness. 🙂

Tips lainnya..

Jangan langsung menyewa tempat kost pertama dalam jangka waktu yang lama. Bisa saja suatu saat nanti kamu menemukan tempat kost yang jauh lebih menarik dengan harga yang relatif lebih murah.

Jadi, kamu harus benar-benar pintar mencari informasi ke berbagai penjuru soal pemilihan kost ini.

#3. Cuci Baju Sendiri Dan Jangan Pernah Makan Di Kantin

Jangan malas cuci baju sendiri. Jasa laundry cukup menguras kantong juga. Kalau kamu malas mencuci baju, hemat-hemat lah dalam penggunaan baju. Baju tidur kemarin malam masih bisa dipakai untuk malam berikutnya.. Asal jangan daleman yaa.. 😛

Cuci Baju Sendiri Dan Jangan Pernah Makan Di Kantin

Selain itu, tidak semua baju harus disetrika. Pilihlah baju mana saja yang harus disetrika, misalnya yang digunakan untuk ke kampus atau kondangan. Kalau kita tidak punya banyak waktu dan ada dana lebih, gunakan jasa laundry untuk menyetrika saja.

sempak anak kos tidak pernah disetrika

Kemudian,

Salah satu godaan terbesar dalam hidup kita adalah ikut-ikutan teman jajan di kantin sekolah atau kampus.

Beli minuman soda, makanan ringan, atau pun makan lontong itu sangat boros. Daripada malu karena teman pada beli semua kamu engga, sebaiknya jangan mau diajakin ke kantin dengan berbagai alasan..

Jadi..

Jangan pernah makan di kantin kecuali ditraktir.

#4. Cari Informasi Di Internet Atau Pinjam Buku Di Perpustakaan Daripada Membeli Buku

Saat ini informasi apapun mudah didapat dengan bermodalkan internet. Daripada membeli buku atau memfotokopi buku teman, lebih baik download e-book atau informasi apapun di internet yang berhubungan dengan materi kuliah kamu.

Cari Informasi Di Internet Atau Pinjam Buku Di Perpustakaan Daripada Membeli Buku

Selain menghemat pengeluaran, dengan cara ini ilmu yang sedang kamu cari bakal masuk ke otak kamu karena kamu mencari, membaca dan menyimpannya.

Pinjamlah buku dari kakak tingkat atau perpustakaan. Kuliah itu bayar, manfaatkanlah segala fasilitas yang diberikan oleh kampus.

#5. Hindari Rokok Dan Jajan Berlebihan

Sedapat mungkin hindari atau kurangi rokok jika belum punya penghasilan sendiri, karena rokok ini benar-benar menguras kantong kamu. Belum lagi kalau sakit karena batuk, nambah-nambahin biaya saja.

Untungnya saya bukan tipe yang suka jajan, namun selalu sedia roti tawar jaga-jaga kalau malam kelaparan. Jika ingin variasi, gunakan setrika untuk memanggang roti atau memanaskan ikan sarden. Hahaha..

panggang roti dengan setrika

Tapi ingat, jangan lupa jaga kebersihan setrika tersebut.

#6. Selalu Sedia Baju Batik, Amplop Kosong dan Plastik Kecil

Selalu sediakan baju batik, amplok kosong dan plastik kecil di dalam tas kamu kemana pun kamu pergi. Udah tau tujuannya mau kemana kan?

Pesta pernikahan, hajatan merupakan surga bagi anak kos karena semua makanan bergizi ada disana dan gratis. Ajak temen-temen kamu yang senasib beberapa orang biar makin meyakinkan dan gak malu-malu amat.

Pakai baju batik biar terlihat keren dan menyakinkan dan terkesan dewasa. Masukin amplop kosong di kotak kondangan biar disangka tamu beneran.

Selalu Sedia Baju Batik, Amplop Kosong Dan Plastik Kecil

Usahakan datang pada jam-jam ramai. Gak bakal ada yang tanya kalian kenal dengan tuan rumah atau enggak, mereka hanya akan sibuk dengan urusan masing-masing. Tapi lihat-lihat dulu ada pemeriksaan surat undangan gak, kalo ada jangan masuk ntar malu malah diusir.

Jangan malu, kamu harus terlihat biasa saja..

Ingat.. rasa malu bisa membunuhmu…

#7. Jual Jasa dan Kebaikan Kepada Siapapun

Dari jaman saya kuliah hingga awal-awal kerja, saya sudah suka dengan yang namanya oprek-oprek komputer atau laptop. Bahkan sejak SMU saya sudah menabung untuk membeli beberapa buku tentang cara merakit komputer sendiri.

Nah..

Kemampuan ini saya manfaatkan untuk mendapatkan makan gratis atau belas kasian dari tetangga atau teman- teman.

Jual Jasa Dan Kebaikan Kepada Siapapun

Nah, jika kamu punya skill, manfaatkan.. Jangan mengharapkan imbalan dulu..

Jika ada yang butuh jasa kamu, berbuat baiklah.. Paling tidak makan gratis sudah ditangan. Hahaha..

Kalau ada yang ga tega, biasanya akan memberikan kamu uang jajan tambahan. Ini biasanya orang yang tidak kenal dekat dengan kamu. Mungkin dia dapat informasi dari mulut ke mulut bahwa saya bisa memperbaiki komputer yang rusak. 🙂

Kamu juga bisa lebih profesional dengan menerima private anak-anak SD di sekitaran kosan kamu. Pungut biaya perbulan berapa rupiah, lumayan untuk menyambung hidup. 🙂

#8. Hindari Judi, Dugem dan Pergaulan Bebas. Mending Puasa Senin Kamis.

Ini kebiasaan buruk kebanyakan anak kos. Main judi, dugem dan pergaulan bebas. Hindari hal-hal buruk ini karena selain tidak baik bagi kesehatan, juga tidak sehat bagi kantong kamu.

Hindari Judi, Dugem Dan Pergaulan Bebas

Daripada bermain judi dan dugem, lebih baik kamu puasa senin kamis. Selain sehat dan hemat, juga dapat pahala biar bisa masuk syurga.

#9. Cari Pacar Yang Bukan Anak Kost

Carilah pacar yang tinggal sama orangtuanya, jangan sesama anak kost juga, yang ada malah kamu justru bangkrut.

Cari Pacar Yang Bukan Anak Kost

Kalau sudah jadi pacar, rajin-rajin datang ke rumahnya, kenalan sama ortunya. Kalau sudah dekat, niscaya hidupmu akan bahagia, bisa makan gratis dan bergizi di tempat pacar kamu paling tidak seminggu sekali.. 🙂

#10. Luangkan Waktu Berolahraga

Luangkan waktu kamu untuk berolahraga paling tidak seminggu sekali pada hari libur. Olahraga ga perlu mahal bahkan bisa tanpa modal, cukup lari keliling kampus di pagi hari.

Luangkan Waktu Berolahraga

Atau jika malas keluar, lakukan sit-up dan push-up di dalam kamar setiap pagi sehabis bangun tidur. Selain membuat badan sehat dan bugar, juga bisa mengurangi biaya kalau kamu jatuh sakit.

Nah kira-kira begitu pengalaman hidup selama ngekost dengan uang pas-pasan karena ada tanggungan adik dan kakak yang juga sedang kuliah.

Bagi kamu yang sedang kuliah, jangan kecewakan orangtua, jadi orang sukses dan hidup sehat itu merupakan syarat mutlak dalam hidup.

Demikian 10 Tips Hidup Sehat Hemat Anak Kos Meski Minim Fasilitas.

Semoga bermanfaat..!

Leave a Comment