Mengenal Parfum Original, Tester, Ori Reject, KW Super, KW Platinum, Dll

Mengenal Parfum Original, Tester, Ori Reject, KW Super, KW Platinum, Dll | tirailangit.com – Belanja online sudah menjadi kebiasaan masyarakat saat ini karena selain mudah, proses transaksi pun sudah terproteksi dengan baik sehingga keamanannya lebih terjamin.

Meski begitu, kita juga harus pintar dan jeli sebagai pembeli, jangan tergiur dengan harga yang murah dan tidak masuk akal.

Termasuk dalam pembelian parfum..

Banyak seller online yang mengelompokan keaslian parfum sebagai berikut :

  • Original;
  • Tester;
  • Ori-Reject;
  • Ori Eropa;
  • Ori Singapura
  • KW Super;
  • KW Platinum;
  • .. dan sebagainya.

Apa maksudnya semua ini?

.. akan saya jelaskan di sini.

Apa itu Parfum Original, Tester, Ori Reject, KW Super, KW Platinum ?

Pada dasarnya tidak ada pembagian jenis parfum seperti ini, parfum yang dijual hanya terbagi 2 saja :

  • Parfum Original, dan
  • Parfum Non-Original.

Lalu selain yang original?

Ya sudah pasti palsu…!

1. Parfum Original

Parfum original adalah parfum asli yang dikeluarkan oleh rumah produksi parfum.

Parfum original bisa dikemas dalam beberapa jenis :

  • Original Produk : Parfum asli yang biasanya dijual di Mall, Counter Resmi atau toko-toko online terpercaya;
  • Miniatur : Parfum asli berukuran kecil kurang lebih sekitar 4 – 10 ml dan dikemas dalam bentuk mini produk aslinya, umumnya dibeli untuk dikoleksi;
  • Vial : Parum asli yang dikemas langsung dari pabrik dalam botol berukuran kecil sekitar 1 – 2 ml yang digunakan sebagai sample;
  • Decant : Parfum asli yang berasal dari parfum original yang dibuka dan dituangkan ke dalam wadah yang lebih kecil baik botol plastik atau botol spray kaca dengan ukuran sekitar 5 -10 ml. Parfum asli dalam bentuk decant saat ini sudah banyak dijual oleh seller di Indonesia dengan berbagai varian harga tergantung dari harga parfum full bottle-nya.

Tips membeli parfum decant

  • Proses decant parfum umumnya menggunakan alat yang sama, jika tidak disterilkan maka bisa beresiko ada perubahan wangi parfum pada titik tertentu. Itulah mengapa harus memilih seller yang terpercaya dan recommended mulai dari pelayanan hingga kualitas produknya yang bagus, bukan hanya sekedar original saja;
  • Bandingkan harga. Cara ukur takaran setiap seller itu bisa berbeda, beda 0.5 ml saja bisa terhitung belasan rupiah;
  • Perhatikan cara paket, sebaiknya minta botol spray kaca dibanding plastik karena cairan parfum lebih stabil jika diletakkan pada botol kaca. Selain itu, kalau seandainya salah satu decant bocor dan terkena decant lain maka bakal punya potensi merusak top note dari parfum.

Tips mengenali parfum original

  • Parfum original selalu menggunakan box / dus baik itu produk maupun tester hingga vial-nya.
  • Nomor batch code yang tertera di box / dus harus sama dengan yang tertera di botol parfum. Cek batch code di sini;
  • Ada stiker label di bawah botol yang berisi nomor seri dan masih terbaca dengan jelas;
  • Parfum masih dalam kondisi tersegel meski ada juga yang tidak dilengkapi dengan segel plastik;
  • Terdapat kode BPOM kecuali parfum merk tertentu yang dibeli dari luar negeri karena tidak beredar di Indonesia;
  • Saat pertama kali disemprot, parfum tidak mengeluarkan cairan karena kondisi selang masih kosong;
  • Nozzle / spray tidak longgar dan tidak terdapat goresan apapun.

Mengapa parfum original bisa lebih murah di toko online dibanding Mall atau counter resmi ? Apakah palsu juga?

Parfum original pada dasarnya bisa dijual dengan harga yang lebih murah (umumnya di toko online) jika dibandingkan dengan harga di Mall atau counter resmi. Hal ini disebabkan karena toko online atau toko-toko tertentu tidak perlu membayar biaya-biaya lain seperti sewa toko, listrik, biaya iklan, sales, dll sebagaimana layaknya saat menjual parfum di Mall.

Jadi, parfum original yang dijual seller online dengan harga yang lebih murah belum tentu palsu, cuma kamu harus jeli memilih seller terpercaya.

2. Parfum Tester

Parfum tester adalah parfum asli yang digunakan sebagai barang contoh atau barang display buat icip-icip sebelum membeli, umumnya ada di Mall atau Counter Resmi.

Sebenarnya parfum tester ini bukan untuk diperjualbelikan karena hanya untuk barang contoh saja, tapi banyak seller online yang sengaja menjual produk tester ini dengan harga yang lebih murah sekitar 100rb – 300rb rupiah.

Karena ditujukan hanya untuk dicoba oleh konsumen sebelum membeli, maka kemasan parfum tester pun minimalis.

Parfum tester sebagian besar menggunakan box berwarna putih atau cokelat dengan tulisan tester not for sale/demonstration only, kecuali pada merk-merk tertentu. Selain itu, parfum tester juga biasanya tidak menggunakan tutup meski ada seller yang menyediakan tutup saat menjualnya.

Selain dalam bentuk box, ada beberapa merk yang mengemas parfum tester memakai model amplop, misalnya Kenneth Cole Black. Ada juga tester yang cuma dikasi pelindung plastik bubble wrap seperti Estee Lauder, Clinique Happy Series, Narcisso Rodriguez.

Layak kah membeli parfum tester?

Demi harga yang lebih murah ya silahkan saja karena parfum tester juga adalah parfum asli dan juice-nya tidak berbeda dengan yang non-tester.

3. Parfum Ori-Reject

Parfum Ori-Reject sering kali dideskripsikan sebagai parfum original namun tanpa dus dengan alasan ada kerusakan pada dus.

Coba pikir secara logika, separah apakah kerusakan dus hingga dus parfum menjadi tidak ada? Apakah hancur, tersobek-sobek? Kalau dus-nya saja sedemikian parah, bagaimana lagi dengan botol di dalamnya yang tentunya lebih gampang pecah?

[artikel tag=”perfume+tips”]

Lainnya lagi mengatakan bahwa parfum Ori-Reject adalah parfum original yang tidak lulus quality control seperti segel terbuka, botol lecet dan sebagainya sehingga di-reject.

Cermati ini..!

Parfum termasuk dalam kategori barang-barang berbahaya (dangerous goods) karena mengandung alkohol yang sangat mudah meledak. Karena sifatnya ini, parfum butuh pengemasan secara rapi dan aman sesuai dengan UN Packaging.

Proses pengiriman parfum adalah salah satu pengiriman yang paling aman karena termasuk dangerous goods tadi. Proses produksi pun benar-benar sangat memperhatikan kualitas dengan standar proses Q&A (quality and assurance).

Jadi parfum yang di-reject atau tidak lulus quality control tidak akan bisa didistribusikan atau akan berakhir di fase produksi saja.

Silahkan kamu tanya ke counter-counter parfum yang ada di Mall apa ada parfum yang dikembalikan (retur) dari Mall?

Lagipula tidak mungkin seller punya parfum reject dengan segala jenis parfum dalam jumlah yang banyak? Secara logika pastinya jumlah barang yang gagal tidak bakal berjumlah banyak, paling juga hanya sekitar 2 atau 3 parfum saja. Jika produk reject melimpah maka semua distributor parfum akan bangkrut.

Nah, coba minta parfum dari jenis yang sama dengan kuantitas yang banyak, misalnya pesan Bvlgari Man in Black 10 botol. Jika meraka bilang semua stock tersedia, bisa dipastikan itu produk palsu..!

Jadi apa sebenarnya parfum Original Reject tersebut?

Parfum ori-reject hanyalah parfum dengan botol bekas asli yang disuntik ulang dengan juice parfum palsu.

Sebagian besar pembeli tergiur dengan harganya yang murah dan aromanya bisa jadi mirip dengan top notes parfum asli.

Bagaimana dengan ketahanan parfum tersebut ?

Banyak konsumen yang bilang aromanya bisa seharian, padahal ini disebabkan karena parfum tersebut memakai bahan penguat aroma.

4. Parfum Ori Eropa, Ori Singapura, KW Super, KW Platinum dan KW-KW lainnya

Semua ini adalah parfum palsu dengan berbagai tingkat KW atau kualitas yang berbeda. Parfum ini dibuat menyerupai aroma parfum aslinya dengan bahan-bahan tertentu yang membuat aromanya mirip dengan produk original.

Parfum KW juga dibuat dalam berbagai komposisi yang berbeda itulah yang menyebabkan adanya tingkat perbedaan kualitas.

Hati-hati !

Sekarang banyak pembeli yang mulai menyadari kebenaran parfum reject, akhirnya ada seller yang menjual parfum lengkap dengan dus-nya yang juga KW.

Untuk memastikan keaslian parfum, bisa cek nomor batch code yang tertera pada botol dan dus, nomor ini harus sama atau cek batch code di sini;

5. Parfum Suntikan / Refill.

Parfum suntikan atau refill adalah parfum buatan lokal yang diproses menggunakan suntikan / injector untuk mengisikan bibit parfum ke dalam botol parfum.

Parfum ini umumnya dijual per-mili liter.

Layak kah membeli parfum KW, Suntikan atau Refill?

Sah-sah saja jika kamu terkendala dana tetapi ingin tampil wangi dengan harga yang terjangkau..

.. asalkan kamu tidak tertipu membeli parfum dengan embel-embel “Original” padahal parfum tersebut adalah palsu.

Demikian artikel Mengenal Parfum Original, Tester, Ori Reject, KW Super, KW Platinum, Dll.

Langit

Netpreneur yang sedang menyamar menjadi seorang PNS. ;) Pecandu IT, design, menulis dan seni fotografi.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.