Mengenal Istilah Adsense (BPK, RKT, PPS, Penghasilan Tertaksir, Dll)

Mengenal Istilah Adsense (BPK, RKT, PPS, Penghasilan Tertaksir, Dll) | tirailangit.com – Adsense masih menjadi salah satu primadona untuk menghasilkan uang melalui blog. Dengan Adsense, banyak blogger sukses yang mendapatkan ratusan hingga ribuan dollar per bulannya..

Bagi blogger pemula atau yang baru saja diterima menjadi publisher Adsense, biasanya masih bingung saat melihat halaman Dashboard Google Adsense karena banyak istilah-istilah Adsense yang digunakan, misalnya :

  • Penghasilan Tertaksir (Estimated Earnings );
  • Tampilan Laman(Page Views);
  • Tayangan (Impressions);
  • Klik (Clicks);
  • RKT Laman (Page CTR);
  • BPK (CPC);
  • RPM Laman (Page RPM);
  • Saldo (Balance);
  • .. dan lainnya.

Sama seperti saya dulu, memang agak membingungkan kalau tidak dihayati dengan benar.. Hehe..

Apa sih sebenarnya maksud dari istilah-istilah tersebut?

Biar ga bingung lagi, pada artikel kali ini saya akan membahas apa maksud dari istilah-istilah Google Adsense di atas tadi..

Mengenal Istilah Google Adsense

Daftar istilah tersebut sebenarnya adalah informasi statistik yang diberikan oleh Google Adsense untuk para publisher-nya terkait data-data yang berkaitan dengan taksiran penghasilan yang akan diperoleh.

Dengan adanya data statistik ini, diharapkan publisher bisa mengetahui seberapa optimal kinerja dari blog dan iklan yang dipasang sehingga publisher bisa mengoptimasi sedemikian rupa jika dirasa kinerja iklan atau pendapatan yang diperoleh sangat rendah jika dibandingkan dengan tampilan laman blog.

Berikut penjelasan istilah-istilah pada Google Adsense :

1. Klik (Cliks)

Klik adalah jumlah berapa banyak iklan yang di klik oleh pengunjung blog.

2. BPK (CPC)

CPC atau Cost Per Click – jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah Biaya Per Klik (BPK) – merupakan besaran komisi yang diberikan oleh Google (dalam dolar atau rupiah) setiap kali ada pengunjung yang mengklik iklan.

Besaran BPK ditentukan oleh pengiklan dengan sistem lelang..

Sebagian pengiklan bersedia membayar lebih dibanding pengiklan lainnya, tergantung dari apa yang diiklankan.

Ada banyak hal yang mempengaruhi besar kecilnya nilai CPC, misalnya :

  • Tema atau niche dari blog;
  • Sumber lalu lintas pengunjung;
  • Asal negara pengunjung;
  • Pemblokiran iklan yang ber-BPK rendah;
  • Smartpricing; dan
  • Masih banyak faktor lainnya.

Besaran BPK biasanya lebih tinggi kalau pengunjung blog berasal dari pencarian organik (Google Search Engine), bukan dari media sosial.

Berdasarkan pengalaman saya, blog bakal terkena smartpricing kalau pengunjung banyak yang berasal dari Facebook. Nilai BPK-nya sangat rendah, yaitu $0.01 dan tak bisa naik selama beberapa hari, ini cara Google untuk melindungi pengiklan mereka..

.. karena alasan inilah akhirnya saya tidak mau lagi membagikan artikel ke Facebook. Hahaha…

Di Indonesia sendiri, rentangan komisi yang diberikan untuk setiap klik sangat rendah, rata-rata sekitar $0.01 – $0.07 per klik.

Menyedihkan memang..

Namun saya pernah juga mendapatkan $0.25 per klik tapi sangat jarang sekali.

Jika yang mengklik iklan berasal dari luar negeri, terutama negara-negara maju seperti Amerika Serikat (US), Singapore, Australia, dan lain sebagainya, biasanya CPC yang diberikan akan berlipat.

Itulah mengapa banyak blogger Indonesia yang berusaha membuat blog berbahasa Inggris agar dapat klik dari pengunjung luar negeri.


3. Tampilan Laman (Page Views)

Tampilan Laman adalah jumlah banyaknya tampilan keseluruhan laman yang dilihat oleh pengunjung pada blog yang terpasang iklan Adsense .

Jumlah tampilan laman tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang terpasang pada halaman blog tersebut.

Contoh :

Jumlah iklan yang terpasang pada halaman yang tampil sebanyak 3 unit iklan, kemudian halaman tersebut dilihat sebanyak 10 kali, maka Tampilan Laman-nya tetap saja adalah 10.

4. RPM Laman (Page RPM)

RPM (Revenue Per Thousand Impression) adalah penghasilan tertaksir rata-rata yang akan kamu dapatkan dari setiap 1000 kali halaman yang tayang.

Jadi RPM Laman hanya penghasilan tertaksir perseribu kali tayang, bukan menunjukkan berapa penghasilan yang akan kamu dapatkan sebenarnya.

RPM merupakan nilai yang umum digunakan dalam program periklanan, RPM ini berguna untuk membandingkan penghasilan jika menggunakan beberapa channel yang berbeda.

Nilai tersebut didapat dari hasil pembagian Penghasilan Tertaksir dengan jumlah Tampilan Laman, dikali 1000.

RPM = (Penghasilan Tertaksir/jumlah Tampilan Laman) x 1.000

Istilah Adsense

Contoh :
Pada gambar di atas penghasilan tertaksir saya sebesar $3.52 dari 4.6 rb tampilan laman,

..maka RPM laman saya adalah :

RPM = ($3.52 / 4.600) x 1000

= $0.76

Sekali lagi ini adalah taksiran, artinya dengan kondisi peletakan iklan dan performa blog saya saat ini, maka diperkirakan saya akan mendapatkan penghasilan sebesar $0.76 setiap kali laman blog saya dilihat 1000 kali.

Dengan demikian, saya bisa mengira-ngira.. Ohh.. berarti kalau Tampilan Laman blog saya mencapai 2000 kali tayang, diperkirakan saya akan mendapatkan $1.52.

Namun besaran yang tertera pada RPM Laman (Page RPM) tidak ditambahkan ke dalam Saldo kamu. Penghasilan yang kamu dapatkan tetap berasal dari Penghasilan Tertaksir (Klik x BPK).

5. Tayangan (Impression)

Istilah Impressions atau Tayangan ini memang sedikit membingungkan. Impression didefinisikan sebagai pandangan atau kesan pengunjung pada item tertentu pada blog kamu.

Impression bisa merujuk pada pengguna yang melihat halaman tertentu, unit iklan tertentu, atau berbagai iklan tertentu.

Oleh karena itu, sebuah ‘Impression’ dapat dikategorikan ke dalam tampilan halaman atau tayangan iklan.

Tayangan dihitung untuk setiap permintaan iklan yang menghasilkan setidaknya satu iklan pada blog, bisa berupa jumlah unit iklan (untuk iklan konten) atau kueri penelusuran (untuk iklan penelusuran) yang menampilkan iklan.

Bisa dibayangkan kira-kira seperti ini..

Jika dalam 1 laman terdapat 4 iklan yang tampil, maka jika laman tersebut dilihat 1000 kali, maka Tayangan diperkirakan = 4000.

6. RKT (Rasio Klik Tayang) Laman atau Page CTR (Click Through Ratio)

RKT Laman adalah persentase dari berapa banyak jumlah klik yang kamu dapatkan jika dibandingkan dengan jumlah Tampilan Laman.

RKT (Rasio Klik Tayang) = Klik / Tayang Laman x 100%

Kinerja Google Adsense

Contoh :
Pada gambar di atas, saya memperoleh klik sebanyak 55 klik untuk 4.68 rb tampilan laman, maka RKT saya adalah..

RKT = 21/1.600 x 100%

= 1,17 %

Dengan RKT, kamu bisa mengetahui seoptimal apa penempatan iklan yang kamu lakukan pada blog saat ini..

Jika RKT sangat rendah, artinya kamu perlu memikirkan penempatan ulang iklan agar kemungkinan iklan“dipukul” oleh pengunjung lebih banyak.

Namun memang, untuk blog berbahasa Indonesia, RKT bisa sangat rendah tak lebih dari 3%..

Ini mungkin terjadi karena prilaku pengunjung yang malas atau menghindari iklan karena banyak blogger matre yang memasang iklan pop-up atau iklan yang menutupi konten sehingga sangat mengganggu pengunjung blog.

7. Penghasilan Tertaksir (Estimated Earnings)

Penghasilan tertaksir adalah perkiraan atau estimasi dari penghasilan yang akan kamu peroleh dari Adsense baik untuk Hari Ini, Kemarin, Selama 7 Hari Yang Lalu hingga Bulan Ini.

Penghasilan tertaksir dihitung dari jumlah Klik (Clicks) dikali dengan BPK (CPC). Semakin besar nilai BPK dan semakin banyak jumlah Klik, maka semakin besar pula penghasilan tertaksir yang akan kamu peroleh.

Jumlah Penghasilan Tertaksir bukan merupakan pendapatan final, pada akhir hari, Google secara otomatis akan menganalisa mana klik yang valid dan mana yang tidak valid.

Jika terdapat klik yang tidak valid, maka jumlah penghasilan yang diperoleh pada hari itu akan kurang dari Penghasilan Tertaksir.

Jadi yang dihitung oleh Google hanya klik yang valid saja.

8. Saldo

Saldo adalah jumlah penghasilan akhir yang telah kamu peroleh dalam jangka waktu satu bulan mulai dari terakhir kali kamu melakukan pencairan Google Adsense (Withdraw).

Saldo akan diakumulasi tiap awal bulan sehingga saldo yang tampil saat ini belum termasuk dengan penghasilan yang kamu peroleh bulan ini.

Nah sekarang sudah paham kan ya..

Sebenarnya masih banyak lagi daftar istilah pada Google Adsense, tapi yang paling penting kamu ketahui saya kira cukup yang di atas tadi saja.

Tapi kalau kamu tetap, kepo.. bisa cekidot di support.google.com/adsense/

Demikian artikel Mengenal Istilah Adsense (BPK, RKT, PPS, Penghasilan Tertaksir, Dll).

niagahoster

#1 HOSTING TERBAIK INDONESIA

Diskon 40% + Domain dan SSL Gratis

Type: Shared Hosting
Upgrade: Cloud VPS
Layanan Support: 8/10
Rata-rata Uptime: 99,97%
Rata2 Page Load Time: 1,416 ms

Pilihan terbaik untuk website/blog WordPress

*Garansi 30 hari uang kembali

Host dengan Niagahoster


Langit

Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

31 Comments
  1. Saya kok gagal paham terus masalah ginian ya,walopun saya gak begitu paham tapi artikelnya sangat bermanfaat bagi ane yg belum genap setahun maen adsense,sepertinya ane harus berulang baca artikel ini..makasih om ilmunya

  2. Makasih gan info. Saya baru di terima oleh adsense jadi belum paham sama sekali. Karena artikel ini saya jadi sedikit tau.

  3. Thanx mas, informasinya sangat bermanfaat buat saya, cara penyampaiannya juga sangat rapih jadi enak di bacanya dari awal artikel hingga selesai.

  4. Wah, informatif banget ini, sya jd shok gara2 login ads tiba2 rkt 6,25%. Sya jg jd gk mau lagi share artikel di fb
    Terimakasih bang infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published.