Ukuran Tas / Koper yang Diperbolehkan di Bagasi Kabin Pesawat

Ukuran Tas / Koper yang Diperbolehkan di Bagasi Kabin Pesawat | tirailangit.com – Saat ini berpergian dengan pesawat terbang sudah merupakan hal yang lumrah karena harga harga tiket sudah terbilang murah, hemat waktu, juga lebih nyaman di perjalanan.

Saat berpergian dengan pesawat terbang, banyak orang lebih suka menyimpan koper atau tasnya di bagasi kabin karena lebih praktis dan lebih aman.

Menaruh koper di kabin pesawat, berarti bisa menghemat waktu karena tidak perlu check-in bagasi maupun menunggu antrian pengambilan koper saat tiba di tempat tujuan. Resiko kehilangan koper dan barang-barang pun lebih kecil.

Pernahkah tas atau koper kamu tidak diperbolehkan naik ke kabin? Jika iya, tahukah kamu berapa sebenarnya ukuran tas atau koper yang diperbolehkan di kabin pesawat?

Simak penjelasan berikut..


Menurut Transportation Security Administration (TSA), bagasi kabin adalah “Koper kecil yang Anda bawa di dalam kabin ketika pesawat terbang”.

  • Setiap penumpang diperbolehkan membawa satu koper kecil bersama satu benda pribadi seperti laptop, tas, tas ransel, tas kantor atau tas kamera;
  • Ukuran koper haruslah muat untuk dimasukkan ke dalam bagasi kabin.

Ukuran Tas atau Koper yang Diperbolehkan

  1. Ukuran tas atau koper yang diperbolehkan masuk kabin adalah 18 inci (45 cm), 19 inci (48 cm) dan 20 inci (51 cm) dengan berat maksimal 7 kg;
  2. Sementara koper dengan ukuran 22 inci (55,8 cm) ke atas harus masuk bagasi pesawat meskipun beratnya tidak mencapai 7 kg.
Panduan Ukuran Koper

Walaupun begitu, setiap maskapai memiliki standar koper atau ransel yang berbeda-beda untuk bisa masuk ke dalam kabin pesawat :

  • Lion Air : Memberlakukan standar dimensi 40x30x20 cm (16 inchi);
  • Sriwijaya Air : Menerapkan 55x35x25 cm (21 inchi);
  • AirAsia, Citilink, dan Garuda Indonesia punya standar sama yaitu 56x36x23 cm (22 inchi).

Untuk lebih jelasnya baca Peraturan Barang Bawaan Penumpang Pesawat [Maskapai Indonesia].

Berat maksimal untuk penerbangan budget airline di Indonesia :

  • Sejumlah maskapai menerapkan berat maksimal barang bawaan dalam kabin adalah 10 kilogram; sementara
  • Untuk penerbangan internasional seberat 7 kilogram.
ukuran koper
Ukuran Koper (Travel Bag) image source : koperkita.com

Dengan mengetahui berat dan ukuran barang bawaan yang bisa masuk kabin, kini kamu bisa memperkirakan besar dan banyaknya barang bawaan sebelum naik pesawat sehingga perjalanan makin nyaman dan tenang.

Penting!
Baca juga artikel Kapasitas PowerBank yang Boleh Dibawa Masuk ke Kabin Pesawat.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan barang-barang apa saja yang boleh dibawa pada saat melakukan perjalanan dengan pesawat.

Baca artikel 10 Jenis Barang yang Tidak Boleh Dibawa Dalam Pesawat.

Nah sekarang sudah tahu kan berapa ukuran koper atau tas yang diperbolehkan di kabin pesawat, jangan sampai kerepotan harus meninggalkan barang bawaan atau tidak diijinkan terbang oleh maskapai.

Demikian Ukuran Tas / Koper yang Diperbolehkan di Bagasi Kabin Pesawat.

Semoga bermanfaat..!

Tirai

Cantik, pinter dan baik..

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.