Memahami Istilah pada Parfum (Sillage, Projection, Longevity, Versatile, dll)

Memahami Istilah pada Parfum (Sillage, Projection, Longevity, Versatile, dll) | tirailangit.com – Saat melihat para reviewers parfum di YouTube, pasti kamu sering mendengar istilah Sillage, Projection, Longevity atau biasa disingkat SPL dan diberikan rating tertentu pada masing-masing item.

Selain ketiga kata di atas, masih banyak lagi istilah-istilah dalam dunia parfum yang biasa digunakan.

Sebenarnya apa sih arti dari istilah-istilah tersebut?

Nah, pada artikel ini akan saya ulas satu persatu..

Sillage

Sillage merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan jejak wangi yang ditinggalkan oleh si pemakai parfum.

Memahami Istilah pada Parfum

Sillage bisa diibaratkan layaknya riak air yang ditinggalkan oleh perahu saat bergerak atau gelombang udara yang ditinggalkan pesawat saat sedang terbang.

Dalam dunia parfum, sillage mendefinisikan bagaimana dan berapa lama ketahanan aroma wewangian menyebar di sekitar pemakainya.

Parfum dengan sillage yang kuat artinya parfum tersebut mampu memproyeksikan aroma wangi dengan baik dan menyebarkan area yang lebih luas di sekitar pengguna serta meninggalkan jejak aroma yang lebih lama.

Katakan kamu sedang berjalan melewati keramaian, jejak aroma wangi yang ditinggalkan bisa dirasakan oleh keramaian tersebut selama 5 detik, ini artinya ketahanan dari sillage parfum kamu adalah sekitar 5 detik.

Bagaimana menguji kekuatan sillage dari sebuah parfum ?

Meski tidak ada aturan pasti untuk mengukur kekuatan sillage dari parfum, tapi kamu bisa mengujinya dengan cara berikut :

  1. Masuk ke ruangan / kamar berukuran kecil dan letakkan sebuah baju;
  2. Semprotkan parfum pada baju tersebut;
  3. Tutup pintu kamar dan tinggalkan ruangan sekitar 5 menit;
  4. Pastikan selama menunggu kamu tidak mencium aroma parfum lain sehingga penciumanmu tetap netral;
  5. Setelah 5 menit, kembali ke kamar. Kekuatan aroma yang tertinggal di kamar adalah ukuran seberapa kuat sillage dari parfum yang kamu semprotkan tadi.

Projection

Bayangkan ada seekor kambing dengan jarak 3-4 meter di dekatmu, meski kamu tidak melihatnya tapi kamu bisa mencium aromanya.

Dari analogi di atas, projection bisa diartikan seberapa jauh aroma wangi yang memancar dari kulit kamu dan bagaimana wangi tersebut bisa dirasakan oleh orang lain di area yang sama denganmu.

sillage pada parfum

Katakanlah kamu sedang berdiri di Mall sedang menggunakan parfum, orang pertama dengan jarak 2 meter bisa mencium aroma parfum kamu dengan kuat, orang kedua yang berjarak 4 meter hampir tidak bisa mencium wanginya tapi masih bisa merasakan parfum kamu, sedangkan orang ketiga yang berjarak 5 meter sama sekali tidak bisa merasakan kalau kamu menggunakan parfum.

.. dari kondisi di atas, maka projection dari parfum kamu adalah sekitar 4,5 meter.

Apa perbedaan Sillage dan Projection?

Kedua istilah ini tidak sepenuhnya berbeda, masih seputar bagaimana aroma wewangian bisa dirasakan oleh orang di sekitar pemakai parfum.

Perbedaan utama adalah sillage memperhitungkan pergerakan pengguna, sedangkan projection tidak.

Longevity

Bisa diartikan berapa lama aroma parfum bertahan di kulit atau pakaian kamu meski aromanya sudah tak tercium lagi oleh orang di sekitar.

Para reviewer misal mengatakan projection bertahan sampe 2 jam sementara longevity bisa sampai 8 jam, artinya aroma parfum tersebut bisa dirasakan orang sekitar hingga 2 jam (projection), setelah 2 jam aroma hanya bisa dirasakan kalau kamu mencium langsung ke kulit atau pakaian hingga 8 jam (longevity).

Versatile

Versatile jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia artinya serba guna.

Dalam dunia parfum, versatile bisa diartikan seberapa banyak situasi atau kondisi dimana parfum tersebut tetap cocok untuk digunakan.

Semakin versatile suatu parfum, berarti semakin banyak kondisi dan situasi yang cocok untuk menggunakan parfum tersebut.

Misalnya parfum Dior Sauvage EDP cocok untuk digunakan dalam segala suasana misalnya kantor, outdoor, siang, malam, musim dingin ataupun musim panas.

.. sementara Spicebomb Extreme hanya cocok digunakan pada saat musim dingin atau nge-date di malam hari, kurang cocok digunakan di kantor.


Parfum dengan versatile yang tinggi umumnya adalah parfum-parfum beraroma segar atau sport sementara parfum versatile rendah umumnya adalah parfum-parfum beraroma manis atau spicey.

Scent

Scent jika diartikan secara harfiah artinya adalah mengharumkan. Dalam dunia parfum, scent bisa diartikan sebagai seberapa enak atau seberapa uniknya keharuman dari suatu parfum.

Istilah-Istilah Lain yang Sering Muncul

  • Compliment : Pujian, dalam dunia parfum artinya berapa banyak pujian yang kamu dapatkan saat menggunakan sebuah parfum;
  • Decant : Secara mudah bisa diartikan memindahkan cairan parfum dari botol asli ke botol lain yang umumnya berukuran lebih kecil misal vial, botol ukuran 5ml, 10ml dan sebagainya;
  • Eau de Toilette / Eau de Perfume : Baca di sini;
  • Intense / Extreme : Parfum yang umumnya lebih kuat dari versi originalnya;
  • Parfum Designer : Parfum keluaran rumah produksi yang tidak hanya menjual parfum tapi juga produk lain. Contoh : Bvlgari, Viktor & Rolf, Adidas, Hermes, Channel dan lain-lain;
  • Parfum Niche : Parfum keluaran rumah produksi khusus parfum saja, kebanyakan lebih exclusive dari sisi harga dan kualitas jika dibandingkan parfum designer;
  • Parfum Tester / Ori-Reject / Ori Eropa / Ori Singapura / Parfum KW : Baca di sini;
  • Pour Homme : Parfum untuk genre pria;
  • Pour Femme : Parfum untuk genre wanita;
  • Scent Of The Day (SOTD) / Night / Morning : Parfum yang digunakan pada siang hari / malam ataupun di pagi hari.
  • Skin Scent : Wangi parfum hanya tercium jika hidung didekatkan pada kulit yg disemprot;
  • Sniff : Icip-icip aroma parfum atau nyoba wanginya biasa di toko offline atau parfum teman.
  • Top / Middle / Base Notes : Baca di sini;

Sementara itu dulu istilah-istilah pada parfum yang bisa saya tuliskan di sini.

Silahkan tulis di komentar jika ada istilah-istilah lain yang kamu ketahui dalam dunia parfum.

Demikian artikel Memahami Istilah pada Parfum (Sillage, Projection, Longevity, Versatile, dll).

Tirai

Cantik, pinter dan baik..

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.