Mengenal Top Notes, Middle Notes dan Based Notes pada Parfum

Mengenal Top Notes, Middle Notes dan Based Notes pada Parfum | tirailangit.com – Mungkin kamu tidak pernah menyadari bahwa ternyata parfum itu dirancang dengan berbagai aroma tahapan yang akan muncul bergantian seiring waktu pemakaian.

Aroma parfum tersebut dibagi ke dalam 3 tahapan yaitu :

  • Top (Head) Notes;
  • Middle (Heart) Notes; dan
  • Base Notes.

Mengenal Top Notes, Middle Notes dan Based Notes pada Parfum

Ketiga tingkatan tersebut memiliki karakter dan aroma yang berbeda-beda untuk menciptakan keindahan aroma yang bisa membuat kamu terbang melayang dan merasa nyaman.

Untuk mengetahui tingkatan-tingkatan aroma parfum yang akan kamu beli, bisa cek di fragrantica.com sebagai referensi.

Nah, apa saja arti dari istilah-istilah tersebut, simak artikel ini..

Istilah Top Notes, Middle Notes dan Based Notes pada Parfum

1. Top Notes

Tops notes merupakan aroma yang akan muncul pada 15 menit pertama penyemprotan. Aroma ini jika diibaratkan musik, merupakan sebuah intro pada lagu.

Pada umumnya top notes bersifat paling ringan dari dua notes lainnya dan langsung dapat dirasakan pada saat parfum disemprotkan. Top notes juga mewakili pandangan serta impresi pertama kali pada sebuah parfum.

Karena struktur molekulnya yang ringan, top notes hanya muncul 15 menit pertama saja kemudian mulai pudar dan perlahan berganti ke middle notes.

Top notes tak hanya sukses dalam memikat pencinta parfum untuk pertama kalinya, namun juga bertindak sebagai transisi yang begitu smooth langsung kepada atraksi utama yang ditawarkan oleh sebuah parfum.

Aroma pada top notes umumnya terdiri dari kelompok sitrus (lemon, bergamot), buah-buahan (berry, grapefruit), dan herbs (clary sage, lavender).


Contohnya Club de Nuit Intense Man by Armaf memiliki top notes dari kelompok citrus seperti Lemon, Black Currant, Apple, Bergamot dan Pinapple.

2. Middle Notes

Heart notes atau middle notes adalah aroma kedua atau susulan setelah aroma top notes.

Aroma middle notes akan muncul setelah 15 hingga 30 menit setelah penyemprotan. Notes ini merupakan aroma inti dari sebuah parfum. Ibarat makanan, middle notes merupakan hidangan utama atau bagian refrain pada sebuah lagu.

Aroma pada middle notes umumnya mampu bertahan lebih lama dibandingkan top notes serta memiliki pengaruh yang kuat terhadap base notes yang akan segera menyusul.

Heart notes biasanya merupakan kombinasi dari aroma buah-buahan dan bunga (floral) serta terkadang diberikan campuran aroma eksotis seperti Cinnamon, Tembakau dan Cardamom.

Contohnya Spicebomb by Victor & Rolf memiliki middle notes Saffron, Cinnamon dan Paprika.

3. Base Notes

Base notes merupakan lapisan aroma dasar dengan aroma yang lebih kaya dengan molekul terbesar dan yang paling lama penguapannya. Ibarat makanan, base notes merupakan hidangan penutup dari sebuah parfum yang muncul setelah middle notes.

Aroma base notes umumnya memiliki karakter aroma yang lebih berat dan menjadi aroma khas dari sebuah parfum. Base notes akan berbaur dengan middle notes untuk menciptakan suatu keutuhan aroma yang menjadi identitas parfum tersebut.

Tujuan utama dari base notes adalah untuk memberikan kesan yang tahan lama, campuran di dalamnya akan menempel pada kulit dan pakaian selama berjam-jam setelah top notes dan middle notes hilang menguap.

Notes yang dijumpai pada bagian ini umumnya adalah aroma yang terdiri dari Cedarwood, Patchouli, Sandalwood, Vanilla, Amber, Oakmoss dan Musk.

Contohnya Acqua di Gio Profumo by Georgio Armani memiliki base notes Patchouli dan Incense.

Nah sekarang tentunya sudah paham mengenai ketiga tingkatan aroma parfum yang ada di pasaran. Oleh karena itu, saat mencoba sebuah parfum, cobalah menyemprotkan ke tangan kamu kemudian tunggu beberapa saat hingga muncul aroma middle notes-nya karena bisa saja aroma top notes-nya kamu suka tapi setelah masuk ke middle atau bagian base notes, kamu malah kecewa.

Demikian artikel Mengenal Top Notes, Middle Notes dan Based Notes pada Parfum.

Tirai

Cantik, pinter dan baik..

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.