Panduan Memilih Koper untuk Wisata atau Traveling

Panduan Memilih Koper untuk Wisata atau Traveling | tirailangit.com – Koper merupakan salah satu kebutuhan wajib yang harus kamu bawa saat berpergian atau berwisata. Selain untuk membawa berbagai barang, koper juga berfungsi sebagai pelindung dari barang bawaan. Bahkan bagi sebagian orang, koper dijadikan sebagai identitas diri dan prestige dari si pemiliknya.

Sebelum melakukan perjalanan, memilih koper yang tepat merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Memang terasa gampang-gampang susah dalam hal ini karena banyaknya pilihan koper untuk traveling yang tersedia di pasaran.

Percaya atau tidak, memilih koper untuk traveling itu butuh kejelian dan sedikit pengetahuan agar mendapatkan koper terbaik sesuai kebutuan dan budget kamu.

Apa sajakah yang perlu diperhatikan saat memilih dan membeli koper untuk traveling?

Simak panduannya berikut ini..

Panduan Memilih Koper untuk Wisata atau Traveling

Sebelum melakukan perjalanan, berwisata atau traveling, ikuti panduan dan tips berikut ini dalam hal pemilihan koper yang tepat dan terbaik sesuai budget dan kebutuhan kamu.

1. Ukuran

Panduan Ukuran Koper
foto : cloudfront.net

Menurut tips yang dikatakan oleh Rick Steves :

Kalian tidak dapat berpergian dengan berat, bahagia dan murah. Pilih dua diantaranya

Jika kamu memilih pergi dengan berat dan bahagia, pilih koper ukuran yang besar agar dapat memuat pakaian ataupun barang apapun yang ingin kamu bawa. Tapi kamu harus siap dengan resikonya, koper yang terlalu besar akan menyulitkan kamu saat membawanya.

Sedangkan jika kamu memilih pergi dengan bahagia dan murah, koper ukuran kabin sudah cukup. Jika kamu memilih pergi berwisata dengan cara berat dan murah, koper ukuran menengah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jadi pada dasarnya, semua tergantung dari kebutuhan masing-masing individu.

Sebagai tambahan, pertimbangkan juga regulasi yang berlaku di maskapai penerbangan yang akan digunakan. Jangan sampai sudah membeli ukuran tas tertentu, ternyata tidak boleh masuk ke kabin pesawat atau kelebihan kapasitas berat yang diijinkan masuk ke dalam bagasi.

Lebih jelasnya baca :

2. Fitur

Untuk fitur, bisa dibagi dalam beberapa hal, yaitu :

  • Warna dan Motif;
  • Roda;
  • Pegangan;
  • Kompartemen;
  • Expandability.

.. akan saya bahas satu persatu.

Warna dan Motif

cover pelindung
foto : jakartanotebook.com

Saat ini sangat banyak tersedia warna dan motif dengan beraneka ragam pilihan di pasaran. Tapi ada baiknya kamu memilih warna dan motif yang tidak terlalu umum atau tidak pasaran, tujuannya agar koper lebih mudah dikenali dan memperkecil kemungkinan koper akan tertukar dengan milik orang lain.

Jika tidak bisa mendapatkan warna dan motif yang unik, kamu tetap bisa membuat koper terlihat istimewa dengan menambahkan ciri tertentu misalnya stiker atau cover pelindung dengan motif tertentu.

Sebaiknya hindari pemilihan warna yang cerah seperti putih atau cream karena kotoran akan mudah terlihat jika kotor.


Roda

roda koper
foto : tokopedia.com

Roda pada koper tentunya berfungsi untuk memudahkan saat membawa koper. Jadi, pilihlah koper yang memiliki roda yang dapat berputar dengan fleksibel.

Sebaiknya pilih koper yang memiliki 4 buah roda, selain dapat bermanuver dengan baik, koper dengan 4 roda lebih dapat menopang beban bawaan dengan lebih baik. Selain itu, koper dengan roda 4 dapat dengan mudah didorong apabila sedang berada di bandara atau di kota-kota besar yang infrastrukturnya sudah rapi, melalui tangga atau jalan tak berundak dengan mudah.

Jika koper yang kamu pilih ukurannya sangat besar, pilihlah koper dengan dua roda karena lebih mudah untuk menyelip di sela keramaian.

Pilihlah roda koper yang terbuat dari bahan campuran karet agar lebih awet dan fleksibel. Tambahan lainnya, cari roda koper dengan bahan campuran dari karet agar lebih awet.

Pegangan

pegangan koper
foto : hotel.jalan2.com

Tak bisa dipungkiri bahwa pegangan koper merupakan salah satu bagian dari koper yang paling cepat rusak apalagi akibat dari petugas bandara yang melempar koper dengan memegang gagang pada saat dimasukkan ke bagasi pesawat. Jadi pastikan koper yang kamu beli memiliki pegangan yang kokoh sebelum memutuskan untuk membelinya.

Koper dengan pegangan ganda biasanya lebih awet dibanding koper dengan pegangan tunggal. Pastikan juga bagian dalam koper, gagang koper yang baik akan memberikan ruang lebih banyak di dalam koper bukan malah menyita ruang dalam koper.

Kompartemen

Koper yang memiliki 2 kompartemen atau yang memiliki kantung-kantung tambahan tentu akan lebih menyenangkan untuk digunakan karena kamu bisa dengan mudah mengatur barang-barang bawaan jika terdiri dari berbagai jenis barang.

Expandability

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya adalah kemampuan untuk diperluas. Jadi maksudnya, pilihlah koper yang memiliki kantong rahasia untuk menambah ukuran koper atau tidak. Tentunya hal ini bermanfaat apabila terkadang kerap membeli oleh-oleh ekstra setelah melakukan perjalanan wisata.

3. Bahan

Untuk bahan koper, bisa dibagi menjadi :

  • Softcase vs hardcase;
  • Resleting;
  • Mekanisme koper.

Softcase vs Hardcase

Saat ini koper untuk traveling terbuat dari bahan yang sangat bervariasi, ada yang menggunakan softcase dan juga hardcase. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Koper dengan bahan softcase lebih mudah diletakkan pada kabin, lebih ringan dan lebih fleksibel untuk dibawa. Tapi kekurangannya, kurang tahan terhadap tekanan.

Bahan nylon dinilai sebagai bahan terbaik untuk koper, karena selain mudah disimpan, juga mudah diperbaiki jika teradi kerusakan.

Sedangkan koper berbahan hardcase, mampu melindungi barang-barang dengan lebih baik. Namun jika rusak atau pecah, sulit untuk diperbaiki.

Idealnya sih memilih bahan yang terbuat dari polycarbonate (plastik keras yang biasa digunakan untuk kaca anti peluru) yang cukup kuat namun ringan, atau memilih koper dengan sebagian cangkang terbuat dari hardcase dan sisanya softcase (agar lebih ringan).

Apapun pilihan kamu, pilihlah material yang bagus karena koper yang berkualitas merupakan sebuah investasi jangka panjang. Sebagai tambahan, pilihlah bahan yang waterproof agar lebih mudah untuk dibersihkan.

Resleting

Resleting kerap kali menjadi bagian yang paling mudah rusak. Jika koper pilihan kamu memiliki resleting, pastikan resleting cukup kuat dan terbuat dari bahan yang tahan lama juga waterproof. Resleting yang bagus biasanya terbuat dari besi yang kokok.

Terkadang petugas bagasi suka menyeret koper di lantai dan bikin resleting rusak. Resleting koper yang rusak, bisa menjadi celah masuknya air dan kotoran, bisa jadi malah merusak isi koper Anda.

Mekanisme Koper

Koper yang buruk adalah koper yang bagian belakangnya keras dan bagian depannya lunak karena koper bakal mudah tertekan dan penyok saat disimpan. Bagian depan koper harus keras, sehingga bakal melindungi barang bawaan saat proses loading bagasi.

Pilih koper yang memiliki mekanisme keamanan yang baik. Misalnya dilengkapi dengan tempat untuk mengunci resleting.

Walau sekarang tidak ada langkah pasti untuk mencegah koper dibongkar oleh orang-orang tak bertanggung jawab, namun koper dengan sistem mekanisme keamanan yang baik diharapkan dapat sedikit menyulitkan orang-orang tersebut.

Sebaiknya pilih koper dengan sistem pengamanan TSA (Transportation Security Administration). Koper dengan pengamanan TSA akan mudah dibuka oleh petugas bea cukai menggunakan kunci universal, sehingga jika kalian dianggap membawa barang-barang mencurigakan, mereka bisa langsung memeriksa tanpa harus merusak kuncinya.

4. Merk dan Harga

Merk dan harga koper
foto : bagscity.com

Koper yang berkualitas baik biasanya harganya nggak murah, untuk ukuran koper yang kecil aja, biasanya dihargai Rp 500 ribu – 1 jutaan. Jadi jika harga koper terlalu murah, kamu patut curigai apalagi jika merk-nya tidak jelas.

Meski harganya tidak murah, tentu nggak ada salahnya jika kamu berinvestasi dengan membeli koper bermerk dan harganya lumayan mahal. Soalnya koper bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Nah sekarang sudah tahu kan cara memilih koper untuk kebutuhan traveling..

Demikian artikel Panduan Memilih Koper untuk Wisata atau Traveling.

Semoga bermanfaat!

Tirai

Cantik, pinter dan baik..

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.