7 Tips Packing Ringkas dan Ringan Saat Traveling

Tips Packing Ringkas dan Lebih Ringan Saat Traveling | tirailangit.com – Menurut Rick Steves, seorang travel blogger, ukuran seberapa baik seorang traveler itu bisa dilihat dari seberapa ringan barang bawaan yang dia bawa saat berwisata.

Katanya..

Kalian tak dapat bepergian dengan berat, bahagia, dan murah. Pilih dua diantaranya.

Pendapat tersebut ada benarnya… !

Jika kamu memilih pergi dengan berat dan bahagia, pilih koper ukuran yang besar hingga dapat memuat pakaian ataupun barang apapun yang ingin dibawa.

Tapi resiko yang didapat, akan menyulitkan kamu pada saat membawanya jika koper terlalu besar. Sedangkan jika memilih pergi dengan bahagia dan murah, koper ukuran kabin sudah cukup.

Jika kamu memilih pergi berwisata dengan cara berat dan burah, koper ukuran menengah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jadi pada dasarnya, semua tergantung dari kebutuhan masing-masing individu.

Packing atau berkemas, merupakan sebuah hal paling esensial yang pasti akan dilakukan oleh semua traveller. Namun packing lebih dari sekedar membawa barang-barang yang diperlukan untuk sebuah perjalanan wisata dalam satu tas, karena packing juga merupakan sebuah seni :

  • Seni untuk mengatur semua barang yang dibawa agar dapat muat ke dalam tas/koper;
  • Seni untuk menyusun daftar barang-barang yang diperlukan, dan pastinya;
  • Seni untuk menyiasati agar kita bisa membawa barang yang kita perlukan namun tanpa membuat tas terlalu penuh sesak dan kelebihan muatan.

Intinya, packing merupakan salah satu seni dalam traveling.

.. dan akui saja, traveler yang sudah sering berpergian pun belum tentu menguasai seni packing agar barang bawaan tetap memiliki berat yang minimal, namun isinya maksimal.

Tips Packing Ringkas dan Lebih Ringan Saat Traveling

Nah, bagi yang akan melakukan perjalanan atau bepergian baik itu dengan tujuan berwisata atau pekerjaan, berikut ini tips packing lebih ringan dan ringkas pada saat traveling.

1. Tentukan Batas Maksimal Barang Bawaan

foto : www.travelonline.com

Agar pada saat bepergian tidak mengalami yang namanya ribet karena terlalu banyak membawa barang, kunci utamanya adalah menentukan batas maksimal barang yang akan dibawa.

Rick Steves menyarankan untuk membatasi ukuran koper yang akan kita bawa, yaitu maksimal ukuran 9 inchi x 22 inchi x 14 inchi (yang bisa dibawa ke kabin), sementara tak sedikit juga yang menyarankan tips yang lebih ekstrim, yaitu cukup dengan membawa tas punggung saja.

Dengan membawa koper atau tas yang berukuran kecil, kamu akan dituntut untuk kreatif dan selektif terhadap barang bawaan. Selain itu, kamu bisa bepergian dengan ringkas tanpa perlu repot membawa tas berukuran besar dan tak perlu khawatir akan kelebihan muatan.

Jika merasa tas yang dibawa terlalu kecil dan khawatir barang-barang tidak akan muat, maka perlu tahu tips untuk mengemas barang.

Salah satu cara terjitu agar sebuah tas bisa memuat barang lebih banyak adalah dengan menggulung semua baju yang akan dibawa dan bukannya menyusunnya dengan cara dilipat atau ditumpuk. Menggulung baju akan membuat baju menjadi lebih ringkas dan padat dan akhirnya menghemat ruang di dalam tas.

Dengan membatasi ukuran tas dan jumlah tas yang akan dibawa, kita nggak perlu membawa terlalu banyak tas yang akhirnya malah akan menyulitkan saat berwisata.


2. Selektif Memilih Barang Bawaan

tips barang bawaan ringan
foto : mybag.sale

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk selektif dalam memilih barang bawaan. Hal yang paling mudah adalah dengan membuat daftar packing list barang-barang yang akan dibawa.

Cara berpikir yang benar tentang selektif memilih barang bawaan adalah dengan berpikir “jika saya tidak membawa ini, bakal repot ga ya?” bukan malah berpikir “kira-kira ini akan terpakai atau tidak?”.

Jadi gelar semua barang yang akan dibawa di atas karpet, pegang satu persatu dan berpikirlah dengan cara di atas. Dengan menggelar barang bawaan, akan lebih efektif daripada sekedar hanya membuat daftar list barang bawaan.

Pemikiran tentang seberapa penting nilai sebuah barang otomatis akan membuat kita jadi lebih selektif dalam memilih barang yang akan dibawa.

3. Cuci Pakaian Selama Perjalanan

cuci pakaian dalam perjalanan
foto : rd.com

Dengan mencuci dan menyetrika baju selama berwisata, maka kamu tidak perlu membawa banyak baju yang hanya akan memenuhi tas/koper saja.

Kalau malas mencuci, manfaatkan jasa laundry kiloan atau mesin laundry di kota tujuan wisata.

Mudah kan?

4. Jeli Memilih Pakaian yang akan Dibawa

jeli memilih pakaian
foto : washingtown.com

Pilih pakaian dengan bahan yang ringan dan bisa dipakai untuk berbagai kesempatan. Misalnya celana panjang dengan resleting yang bisa diubah menjadi celana pendek, jadi kamu tidak perlu membawa celana pendek tambahan..

.. atau bisa juga membawa jaket yang bisa dimanfaatkan menjadi bantal atau guling.

Tips lainnya, jika bepergian ke daerah yang dingin, alih-alih membawa mantel tebal yang akan memenuhi isi koper, lebih baik mengenakan beberapa layer pakaian untuk menghangatkan badan.

5. Jangan Pikirkan Skenario Buruk

jangan memikirkan skenario buruk
foto : kepner-tregoe.com

Jangan terlalu memikirkan skenario terburuk kecuali kalian bepergian ke daerah pedalaman karena saat ini beberapa barang esensial mudah didapat dimana saja.

Misalnya, pembalut (untuk wanita), pencukur jenggot, sabun mandi, krim muka, dan sebagainya.

Jadi kalian tak perlu berubah menjadi mini market dengan membawa semua peralatan yang mungkin akan dibutuhkan nanti karena hanya akan membuat tas menjadi penuh dan tentu saja berat.

6. Manfaatkan Kantong Kemas

manfaatkan compression bag
foto : neamb.com

Dewasa ini sudah banyak dijual plastik khusus untuk berkemas yang bisa di vakum sehingga barang bawaan kita akan lebih ringkas, tidak berceceran, dan pastinya lebih ringan dan lebih muat banyak di dalam tas.

Keuntungan lainnya, compression bags ini juga kedap air sehingga dapat melindungi barang-barang bawaan jika kamu akan menjelajah ke tempat dengan cuaca yang ekstrim.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan packing cube untuk mengorganisir barang bawaan sehingga bisa memaksimalkan ruang dalam tas.

7. Membawa Toiletries Mini

Membawa Toiletries Mini
https://oakscchouston.wordpress.com

Ini sebenarnya tips standar yang pastinya sudah banyak diketahui oleh wisatawan, namun tak ada salahnya saya tuliskan lagi disini.

Dengan membawa toiletries dalam kemasan yang mini maupun kemasan travel sangat bermanfaat untuk meminimalkan bobot barang bawaan yang akan dibawa.

Nah sekarang sudah paham kan tips agar packing lebih ringan dan ringkas saat traveling, ayo mulai sekarang terapkan tips-tips di atas.

Demikian 7 Tips Packing Ringkas dan Lebih Ringan Saat Traveling.

Semoga bermanfaat!

Tirai

Cantik, pinter dan baik..

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.